Sabadesa.id – Selasa, 29 desember 2020 Sabadesa menggelar kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi ODK Collect kepada simpul belajar MADANI untuk mengupdate data CSO khususnya anggota Presidium SIMPONI. kegiatan tersebut digelar secara Hybrid peserta dan tim program hadir secara offline sedangkan undangan dan narasumber secara online via Zoom (kesbang dan MADANI) pertemuan offline bertempat di Rumah Transparansi (sekretariat FITRA Jawa Barat) yang berlokasi di Perana Estate Blok B4 No. 1 Kel, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. yang dihadiri oleh 10 orang dari 6 CSO diantaranya Sabadesa, SBMI, NA, FITRA, LKNU, dan PPSW.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk membantu pemerintah daerah kabupaten sukabumi dalam hal ini kesbangpol sebagai badan yang menangani Organisasi Masyarakat Sipil dalam mengelola data OMS secara update. Kepala badan kesbangpol dalam sambutannya secara daring menyampaikan “Ada 500 lebih OMS yang terdaftar di kesbangpol dan sekarang juga masih banyak yang mendaftar tetapi hanya beberapa OMS yang rutin memberikan laporan. Dari 500 OMS ini ada yang tidak jelas alamatnya karena berpindah-pindah mungkin, ada juga yang satu orang menjadi ketua di beberapa OMS dan banyak lagi. Oleh karena itu kami menyambut baik Sabadesa melalui program USAID-MADANI nya untuk membantu kesbang dalam mengupdate data CSO di Kabupaten Sukabumi. Ungkapnya.

Budi Wijoyo selaku Narasumber dari MADANI menyampaikan “Permasalahan data CSO hampir sama disetiap kabupaten, MADANI dalam hal ini melalui Lead Partner (LP) berkomitment untuk membantu pemerintah dalam mengelola data yaitu dengan pemutahiran data CSO. Tentu banyak cara untuk memutakhirkan data tersebut, Namun yang bisa kita lakukan ini melalui aplikasi ODK Collect. Selain lebih mudah juga penggunaannya bisa secara offline menyesuaikan dengan daerah yang bermasalah dengan jaringan internet. Pungkasnya.

Bagikan Berita