sabadesa.id-Sukabumi. Sabadesa Institute dan DPD KNPI Kabupaten Sukabumi tandatangani Nota Kesepahaman dan perjanjian kerjasama dalam rangka pelaksanaan pembinaan organisasi kemasyarakatan pemuda di Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 12 oktober 2021 bertempat di Kantor DPD KNPI Kabupaten Sukabumi.

Menurut Bayu (Direktur Sabadesa) kerjasama dengan DPD KNPI merupakan salah satu upaya untuk percepatan peningkatan kapasitas OMS (Organisasi Masyarakat Sipil) Di Kabupaten Sukabumi.

“Kami meminta KNPI agar bisa bekerjasama untuk meningkatkan kapasitas organsiasi yang menjadi basis atau anggota dari KNPI melalui penerapan IKO (Indeks Kinerja Organisasi)”. Lanjut Bayu.

Indeks Kinerja Organisasi melingkupi 5 (Lima) Domain yaitu efektifitas, efisiensi, relevansi, keberlanjutan dan ketahanan organisasi. Domain tersebut menjadi alat untuk mengukur kondisi objektif sebuah organisasi.

“Melalui kerjasama ini kami bersepakat bahwa kedepan OMS dan OKP mampu merumuskan visi dan misi organisasi, program kerja dan kegiatan secara efektif, efisien serta berkelanjutan”. Tutup Bayu.

Regi (Ketua DPD KNPI) kerjasama ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan dari sisi kualitas OKP karena jika secara kuantitas, OKP dan OMS disukabumi terhitung cukup banyak. Oleh karena itu KNPI merasa harus ambil bagian dalan upaya meningkatkan kualitas organisasi yang berada tergabung di KNPI.

“Kedepan kita akan memulai menerapkan IKO ini dibeberapa organisasi yang sudah siap dari sisi kelembagaan dan sumber daya manusianya. Kerjasama ini juga menjadi bagian dari komitmen KNPI untuk meningkatkan kapasitas organisasi kemasayarakatan dan kepemudaan”. Tutup regi.

Bagikan Berita