Sabadesa.id-Kalapanunggal, Musyawarah Desa merupakan forum permusyawaratan yang diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat Desa untuk memusyawarahkan hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa.  Penyelenggaraan Musyawarah Desa (Musdes) Palasarigirang untuk Prioritas Pembangunan 2018 bertempat di Aula Balai Desa Palasarigirang, Rabu  (25/10/2017).

Hadir dalam acara ini Camat Kec. Kalapanunggal Ade Kusnadi S.Ip M.Si, Kades Palasarigirang Ujang Ma’mun, S.Fil.I, Ketua BPD Desa Palasarigirang Ade Rusman, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua  Karang Taruna Supriyadi, Pamong Desa, BPD, LPMD, PKK, dan Tokoh Masyarakat.

“Peluang besar untuk mempercepat kemajuan desa sudah berada di depan mata kita dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014. Sekarang tinggal saatnya kita berbenah untuk menjadi lebih baik lagi, saling peduli dan saling menguatkan, membangun desa bersama-sama dengan semangat kegotongroyongan”, jelas Camat Kalapanunggal.

Ketua BPD Palasarigirang mengatakan Musdes ini untuk membahas rencana usulan prioritas pembangunan di tahun 2018. Menyelaraskan pembangunan fisik dan non fisik. Pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan-pelatihan juga penting untuk membuat masyarakat lebih berdaya saing. “, tuturnya.

Pendamping Desa Kalapanunggal Muidul Fitri Atoilah S.Sy. memberikan arahan agar apa yang diputuskan dalam Musdes bisa sesuai dengan regulasi yang ada, baik itu perbup maupun permendesa. Karena tidak semua bidang Pembangunan bisa didanai oleh Dana Desa, Selain itu Ia juga  menambahkan dari sekian banyak usulan Musyawarah Dusun, mungkin tidak semua usulan bisa diprioritaskan tahun ini dikarnakan terbatasnya  keuangan Desa.

Musyawarah Desa ditutup oleh pimpinan musyawarah dan berjalan secara Kondusif, partisipatif dan juga tanpa intervensi, dan semoga kedepan semua desa bisa lebih mandiri sesuai dengan apa yang dicita-citakan UU Desa termasuk pengelolaan Keuangan desa pun bisa lebih Akuntable dan Transparan. (eher)

 

Bagikan Berita