USAID-MADANI

Mulai dari bulan Maret 2020 Sabadesa dipercaya oleh Program MADANI  didukung oleh USAID dan dilaksanakan oleh FHI360 untuk menjadi Mitra Utama yang bertujuan untuk memperkuat akuntabilitas pemerintah dan keberagaman sosial di Indonesia melalui peningkatan kapasitas, legitimasi dan keberlangsungan Organisasi Kemasyarakatan/Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) di Kabupaten Sukabumi 

Pengukuran Indeks Kinerja Organisasi

Mengukur kondisi eksisting sumber daya dan sistem kerja organisasi

Proses pengukuran indeks kinerja organisasi di ukur dari 5 (lima) domain yaitu efektifitas, efisiensi, relevansi, ketahanan dan keberlanjutan organisasi. Dari hasil pengukuran tersebut menghasilkan rekomendasi kegiatan dalam bentuk rencana aksi peningkatan kapasitas organisasi sesuai level yang di butuhkan. 

Launching Program Madani

Diseminasi Pelaksanaan Program USAID MADANI 2020 – 2023 dan Diskusi Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif di Kabupaten Sukabumi

USAID MADANI, program lima tahun kerjasama Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat yang bertujuan meningkatkan akuntabilitas pemerintah dan situasi toleransi di masyarakat melalui penguatan peran masyarakat sipil di tingkat kabupaten/kota di Indonesia telah memasuki masa implementasi di Kabupaten Sukabumi sejak Januari 2020.

Rapat Koordinasi Bapeda Kab.Sukabumi

Stakeholder analisis 

Menindak lanjuti hasil launcing program madani bersama Bapeda Kabupaten Sukabumi untuk pendalaman isu tematik akselerasi upaya para pihak dalam menekan AKI/AKB (Angka kematian ibu dan bayi) yang tersebar di 15 desa dan 10 desa stunting.

Penjajakan Kerjasama Para Pihak Untuk Mendukung Program MADANI

Identifikasi mitra potensial untukk mendorong pelaksanaan program madani 

Sebagai upaya untuk meminta komitmen kerjasama kemitraan dengan pemerintah daerah melalui rancangan program kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas CSO (Community Social Organization), layanan publik, legitimasi dan demokratisasi di Kabupaten Sukabumi.

Learning Forum Stakeholder Analisis 

Kegiatan learning Forum stakeholder analisis Yayasan Sabadesa ini dalam menginventarisir CSO yang ada di Kabupaten Sukabumi yang akan tergabung dalam mitra Simpul Belajar terkait Penurunan AKI-AKB (angkat kematian ibu dan bayi) yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan stakeholder analisis ini dimaksudkan untuk memilah tingkat pengaruh dan kepentingan setiap CSO agar pihak-pihak yang terlibat bisa tepat sesuai dengan tujuan dari program Usaid Madani.

Lokakarya Pembentukan Simpul Belajar Madani

SIMPONI (Simpul Belajar CSO Untuk Sukabumi)

Sabadesa menggelar kegiatan Lokakarya pembentukan simpul belajar madani di Hotel Rafflesia-Sukabumi. Kegiatan tersebut diikuti oleh Pengurus inti Sabadesa, Tim Program-FC MADANI dan 6 (Enam) pimpinan CSO (civil society organization) yaitu FITRA (Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran), LENSA (Lembaga Penelitian Sosial Agama), LKNU (Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama), SBMI (Serikat Buruh Migran Indonesia), PPSW (Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita) , dan NA (Nasyiatul Aisyiyah).

Penguatan SIMPONI (Simpul Belajar CSO Untuk Sukabumi)

Pertemuan konsolidasi ini sebagai tindak lanjut Lokakarya Pemberntukan Simpul Belajar, hasil dari kesepakatan bersama dalam rangka lokakarya Pembentukan Mitra Inti Simpul Belajar Madani yang di sepakati menjadi Presidium yang terdiri dari 7 CSO dengan nama SIMPONI (Simpul Belajar Untuk Sukabumi).

Di masa depan, SIMPONI juga dapat mengambil peran dalam mengawal proses pembangunan dengan menggunakan pendekatan Perencanaan dan Penganggaran Responship Gender (PPRG) dan  Pengarusutamaan Gender.

Pelatihan Penyusunan Laporan Standar Donor

SIMPONI (Simpul Belajar CSO Untuk Sukabumi)

Melalui kegiatan ini diharapan setiap staf dapat Memahami sistematika penyusunan laporan sesuai standarisasi donor khususnya penyusunan laporan program yang sedang digarap bersama Usaid MADANI dengan Sabadesa serta pelaksana program untuk fokus terhadap tupoksi dan menjadikan prioritas kerja, tentunya dengan semangat dan inovasi yang tinggi.

SIMPONI (Simpul Belajar CSO Untuk Sukabumi) Gelar Acara Forum Charter

Tujuan dari Kegiatan Forum Charter  SIMPONI ini adalah Penetapaan Perwakilan Kedua Anggota Presidium “Second Player” sekaligus Penandatanganan ulang Berita Acara Kesepakatan Bersama Pembentukan SIMPONI, Penyusunan Aturan Main Forum, Rencana Jangka Pendek, Dan Hal lain Yang dianggap Penting Oleh Presidium. ungkap Manager Program Madani Syofiyulloh

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Terima SIMPONI

“kami menyambut baik apa yang direncanakan oleh temen-temen CSO ini yang ingin ikut berkontribusi berkolaborasi dengan pemerintah dalam percepatan penurunan AKI AKB dan stanting serta percepatan pelayanan bagi masyarakat ini”.

segera susun rencana kerjanya lalu kita sinkronka dengan SKPD terkait, Kita juga akan siapkan dan bentuk satgas Percepatan penurunan AKI AKB dan stunting untuk memberikan payung hukum bagi para pihak yang akan terlibat dan temen-temen SIMPONI kita akan masukan dalam satgas tersebut. Pungkas zainul

Pelatihan Mitra Utama MADANI dan Anggota Simpul Belajar

Sala satu tujuan dari pembentukan dan pelaksanaan forum pembelajaran yaitu untuk memberikan ruang bagi masyarakat sipil untuk belajar bersama dan melakukan aksi bersama dalam meningkatkan kapasitas organisasi dan menangani isu-isu tertentu di tingkat kabupaten.

“saya kagum dengan solidaritas serta dedikasi tim sabadesa yang telah memberikan inkind contribution dalam rangka mengsukseskan pelatiha SIMPONI ini. Saya juga berharap dengan kegiatan ini kapasitas anggota presidium SIMPONI bisa lebih meningkat dan semakin solid.”

Bangun Pemerintahan yang Kolaboratif Kesbangpol Gandeng Sabadesa

“saya sangat mengapresiasi temen-temen yang mau berkolaborasi membantu pemerintah daerah oleh karenanya kita tunggu ide-ide, gagasan yang inovatif dari temen-temen CSO, namun sementara ini kita berikan ruang kepada temen-temen sabadesa untuk terlibat dalam kegiatan pemerintah khususnya di kegiatan Kesbangpol yang sedang kita lakukan diantaranya kegiatan pendidikan kebangsaan kepada masyarakat.” Paparnya.

Dapatkan infromasi lebih lanjut

Bangun Pemerintahan yang Kolaboratif Kesbangpol Gandeng Sabadesa

Pada hari senin, tanggal 23 November 2020 tim Sabadesa Berkunjung, berkoordinasi ke BAKESBANGPOL (Badan Kesatuan bangsa dan Politik) kemudian diterima secara langsung oleh Dodi Rukman Meidianto (Kepala Badan) di Pendopo Bupati Sukabumi.  Dalam pertemuan tersebut ada...

Pelatihan Mitra Utama MADANI dan Anggota Simpul Belajar

Sabadesa.id – Pelatihan untuk mitra utama MADANI dan anggota simpul belajar yang rencananya dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 5-7 November 2020 (dari pagi sampai sore), kemudian dipadatkan menjadi 2 hari yaitu 5-6 November 2020 (pagi sampai malam). Pemadatan...

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Terima SIMPONI

Sabadesa.id –beberapa CSO  yang tergabung di dalam SIMPONI diterima oleh Plt sekretaris Daerah kabupaten sukabumi (Zainul) untuk beraudiensi, bertempat di Aula BPR Sukabumi yang beralamat di Jl Surya Kencana No 51 Sukabumi. Pada acara tersebut di hadiri pula oleh...

SIMPONI Gelar Acara Forum Charter

sabadesa.id-Forum Charter Simpul Belajar CSO Untuk Sukabumi (SIMPONI) diselenggarakan Pada hari sabtu Tanggal 26 September 2020, berlokasi di Hotel Rafflesia di daerah Cikukulu Kabupaten Sukabumi. yang dihadiri oleh 7 CSO yang tergabung dalam simponi yaitu: LENSA,...

Jangan ragu untuk menghubungi kami