sabadesa.id-Setelah bulan November lalu tim REMDEC mengunjungi sekretariat sabadesa,kali ini untuk kedua kalinya datang kembali dalam rangka Monitoring sekaligus pendampingan penyusunan Renstra dan SOP Organisasi Mitra Utama USAID-MADANI yaitu sabadesa. Kemudian di sambut dan difasilitasi oleh pengurus Yayasan sabadesa di sekretariat Sabadesa yang berlokasi di Kp. Gobang RT 04/04 Desa Cibunarjaya Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi (selasa, 1/12/2020)

dalam kunjungan yang kedua ini tim REMDEC ingin melihat perkembangan sejauhmana Renstra dan SOP yang disusun oleh yayasan sabadesa, kemudian membahas bersama-sama sekaligus mereview hasil dari penyusunan tim sabadesa.

Misran Lubis selaku direktur LSM Consil yang menjadi bagian dari TIM REMDEC menyampaikan dalam pertemuan tersebut  tentang pentingnya sebuah Dokumen Renstra dan SOP bagi sebuah organisasi ataupun LSM yang profesional “SOP dan renstra itu satu hal yang mendasar dari intstrumen organisasi untuk bekerja, membentuk organisasi yang mandir dalam tatakelola organisasi. renstra memberikan pandangan apa yang akan dilakukan dari visi misi organisasi. Dokumen SOP keuangan, SOP kepegawaian dan SOP PBJ menjadi sistem tatakelola dalam mengelola organisasi yang transparan dan akuntabel”

lebih lanjut misran menyampaikan Organisasi yang termanage dengan baik akan mendapatkan kepercayaan dari publik, kepercayaan tersbut menjadi modal dan bahan pertimbangan pihak lain untuk berkontribusi dalam kegiatan yang dilakukan oleh organisasi.

Bayu selaku direktur sabadesa mengucapkan terimakasih atas pendampingan yang diberikan oleh tim REMDEC “saya ucapkan terimakasih atas pendampingan yang diberikan serta shering pengetahuan dan pengalaman yang dibagi oleh bang Misran, kita secara kelembagaan akan berbenah dimulai dari mematangkan program melalui dokumen-dokumen organisasi supaya lebih terarah, sistematis dan terstruktur dan lebih jelas target serta capaian programnya.”

Bagikan Berita