Shattara FM merupakan sarana informasi dan promosi potensi desa Citamiang yang Mulai beroperasi tgl 10 Agustus 2017, yang awalnya timbul dari aspirasi masyarakat dan ditanggapi oleh pemerintah desa yang kemudian dituangkan kedalam APBDes tahun 2017 dianggaran DD tahap 1 bidang pembangunan, dengan anggaran sebesar Rp. 30.541.000. Anggaran sebesar itu diperuntukan untuk membeli peralatan dari mulai perangkat lunak siaran sampai perangkat keras seperti Antena pemancar.

Kepala Desa Citamiang Ajang Syihabudin menyampaikan tujuan dibangunnya Shattara FM, “yang pertama adalah untuk mempermudah penyampain informasi kepada masyarakat terkait regulasi dan program pembangunan, supaya masyarakat faham betul dengan regulasi yang ada. Yang kedua untuk sarana promosi potensi dan produksi desa sehingga bisa menarik investor dan bersinergis dengan tujuan desa untuk menjadi desa wisata dikecamatan kadudampit. Yang ketiganya untuk mewujudkan Desa citamiang yang maju, mandiri dan religius” Tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Muslimin Ismail selaku Pendamping Lokal Desa menyampaikan¬† “Radio
dijadikan sebagai sarana penguatan ekonomi desa dan ekonomi kawasan pedesaan dikecamatan Kadudampit baik sebagai usaha media informasi, media promosi produk dan event desa sekaligus sebagai penyumbang PADes desa citamiang”.

Talk Show Narasumber Camat Kadudampit Drs.Jenal Abidin (batik) dan Kades Citamiang Ajang Syihabudin

Sementara Muhammad Rusli S.Pd. selaku bendahara desa sekaligus juga merangkap sebagai kepala penyiaran mengemukakan “Sesuai dengan tujuan awal Shattara FM sebagai media informasi dan promosi potensi Desa¬†Citamiang, acara yg dikemaspun beragam diantaranya, informasi seputar Desa yang berisikan program desa, realisasi pembangunan desa, himbauan dan sosialisasi serta promosi prudes dan potensi potensi yang ada di desa citamiang. Selain itu juga ada acara yang dikemas oleh masyarakat berupa hiburan dengan racikan informasi berita terupdate dari dalam dan luar desa citamiang. Siswa dari beberapa sekolah yang ada di desa citamiang pun diberi kesempatan untuk mengisi acara dengan tema kreasi siswa, disini siswa diberikan kesempatan belajar untuk menjadi penyiar dengan menampilkan kreasi kreasi sekligus juga mempromosikan sekolahnya masing masing.

Kasi Pemerintahan yang merangkap sebagai kepala Redaksi Deden Mulyanudin S.Pd.I menambahkan, “ada satu program acara yang lebih menarik yaitu dialog interaktif dengan masyarakat atau talk show di no tlp. 0266-6223894 atau melalui SMS di no. 0857-2275-1878. di acara ini sering mengundang orang terkenal atau pejabat pemerintahan untuk menjadi narasumber, diantaranya bapak Camat Kadudampit Drs. Jenal Abidin pernah menjadi narasumber diacara tersebut” tegasnya.

Shattara FM dikelola oleh perangkat desa yang SDM nya masih muda muda, sehingga kreatifitas dan inovasinya tidak diragukan lagi, dan dengan nilai plusnya dari SDM yang ada untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri bisa cepat terealisasi. (YusupCBS)

Bagikan Berita