SABADESA.ID. Cibentang – Sabtu (27/05) Pemerintah Desa Cibentang melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas RT / RW. Kegiatan ini dibiayai oleh anggaran Dana Desa dari Bidang Pemberdayaan. Bimbingan teknis RT / RW ini di ikuti oleh seluruh ketua RT / RW se Desa Cibentang, anggota BPD dan Karangtaruna. Selain itu kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari pihak Kecamatan dan Kapolsek.

Kegiatan ini didorong atas kebutuhan penertiban administrasi di Desa Cibentang. Kegiatan yang hanya dilaksanakan selama 1 hari ini juga membahas berbagai permsalahan yang dihadapi oleh RT / RW dari mulai masalah Rastra sampai masalah update data kependudukan.

Suasana saat dilaksanakan Bintek RT/RW

Menurut Rani G.Sugara (Pendamping Desa) kegiatan bintek ini merupakan upaya untuk menyamakan persepsi para RT / RW sebagai ujung tombak pengelolaan data kependudukan di desa.

“yang tahu persis peristiwa kelahiran, kematian, perpindahan kependudukan itu para ketua RT/RW, oleh karena itu para RT/RW menjadi ujung tombak desa dalam update data kependudukan” Ungkap Rani.

Menurut Rani (PD) permasalahan yang dihadapi oleh kita saat ini banyaknya desa tidak memiliki data kependudukan yang update dan valid. sehingga seringkali kuota program yang masuk ke desa atau perencanaan program dan kegiatan tidak sesuai dengan kebutuhan.

“Masalah data ini gampang-gampang susah, hal sederhana tetapi karena tidak terkoodinasi dengan baik kadang-kadang menyebabkan kekacauan. Misal kuota RASTRA yang tidak sesuai dengan angka kebutuhan, atau program BLSM yang tidak tepat sasaran itu semua akibat dari pengelolaan data kependudukan yang tidak tertib” Tegas┬áRani.

Melalui bintek RT / RW ini diharapkan pengelolaan dan update data kependudukan bisa lebih optimal dan dijalankan secara partisipatif sehingga informasi yang dihasilkan bisa menggambarkan situasi kenyataan desa secara objektif. (g-n)

Bagikan Berita