https://sabadesa.id –  Jumat, 28 Desember 2018 Tim SIDEKA dari Sabadesa Institute secara lengkap diturunkan ke Kecamatan Bantargadung untuk memfasilitasi pelatihan sistem informasi desa dan Kawasan di lima desa yaitu Desa Bantargebang, Limusnunggal, Boyongsari, Bojonggaling dan Desa Buanajaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari Kamis-Jumat yang bertempat di Hotel Cleopatra Pelabuhan Ratu – Kab.Sukabumi.

Masing-masing desa mengirimkan 4 (empat) orang peserta untuk diikut sertakan dalam kegiatan tersebut. Pada sesi pertama semua peserta mendapatkan materi umum tentang pengantar sistem informasi desa sebagai alat untuk meningkatkan kualitas tata kelola pembangunan desa melalui pemanfaatan website desa, sideka keuangan, sideka kependudukan dan sideka peta.

Selanjutnya sesi materi kelas dibagi menjadi 3 (tiga) kelas yaitu kelas Website yang di pandu oleh Erin dan Selly, Kemudian Kelas Sideka Dekstop yang dipandu oleh Bayu dan Abror, dan Kelas Multimedia dipandu oleh Aceng dan Ivank.

Setiap 2 orang perwakilan dari masing-masing desa mengikuti kelas website dan mendapatkan pelatihan seputar dasar-dasar penulisan berita kemudian dilanjutkan dengan praktek menulis berita sampai dengan diposting di website desa masing-masing.

Sementara 1 orang lainnya perwakilan dari desa mengikuti kelas sideka desktop mendapatkan materi tentang pengelolaan data kependudukan dan sinkronisasi SIDEKA ke Prodeskel. Peserta juga diajarkan cara mengolah data dari Disdukcapil agar sesuai dengan format sideka sehingga proses import data dapat maksimal.

Pada kelas multimedia 1 orang perwakilan setiap desa mendapatkan materi tentang teknik fotografi dan videografi kemudian setiap peserta diperkenalkan satu alat yang bernama DRONE yang berguna membantu keterbatasan mata dalam memetakan potensi alam yang terdapat di masing-masing desa. Setiap peserta juga diajarkan cara membuat video sekaligus mempraktekannya.  

Selanjutnya pada sesi terakhir yaitu General Review dan RKTL (Rencana Tindak Lanjut) peserta difasilitasi untuk mengevaluasi hasil pelatihan sekaligus menyusun Rencana Tindak Lanjut untuk pengembangan sideka dan peningkatan kapasitas di Tahun Anggaran 2019.