Demi mempercepat pengimplementasian UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengadakan Workshop Kemitraan Usaha Mendukung Kerjasama dan Kemitraan Masyarakat Desa, yang bertempat di Selabintana  Conference Resort pada tanggal 12 Desember  2018.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas PMD Ade Setiawan, S.Ip, Stafsus Presiden Bidang Ekonomi Indra Sakti Lubis, Stafsus Kementerian Desa Hasim Adnan, Kabid PMD Reni Ratnawati, Nandang Sunandar dari Dinas Perdagangan, dan juga diikuti 50 peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Pengurus BUMDesa, Pendamping Desa dan para Pegiat Desa.

Kepala Dinas PMD Ade Setiawan memberikan spirit agar kegiatan tersebut bisa diikuti dengan semangat dan rasa tanggungjawab,”Yang kita hadapi sekarang ini daya saing Usaha yang luar biasa, maka dari itu saya mendorong untuk dapat menjalin Kemitraan Usaha agar dapat berkembang dan berdaya saing” ungkapnya, yang sekaligus membuka acara kegiatan tersebut mewakili Direktur PMD Ditjen PPMD.

“KUR itu masih sangat sedikit serapannya, dan itu belum menyeluruh menyentuh ke BUMDes, UMKM dan kita tahu bahwa peluang itu ada, dan Para Pendamping tolong ingatkan itu ke Desa”. Ungkap Indra Sakti Lubis Stafsus Presiden Bidang Ekonomi.

Indra sakti lubis

Beliau melanjutkan “Tahun depan APBN menyiapkan anggaran 23,5 Triliun untuk Pendidikan Vokasi. dan Aparatur Desa, Masyarakat Desa bisa dimasukan kepada Pendidikan Vokasi, sehingga dapat memiliki keahlian dan berdaya saing”

Hasim Adnan pegiat pengembangan Ekonomi Desa yang menjadi salah satu Narasumberpada kegiatan tersebut menjelaskan pentingnya Kemitraan Usaha dan LumbungEkonomi Desa, “BUMDes itu ada karena untuk meningkatkan Ekonomi dan salahsatunya ekonomi warga, Lumbung Desa sebagai sebuah konsep menawarkan carapandang baru posisi Desa sebagai pusat pertumbuhan Ekonomi.” Tegasnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2018-12-12-at-16.12.27-1.jpeg

Hasim Adnan

“Jika ada warga desa yang kelaparan padahal di Desa itu potensi sumber dayaalamnya banyak, maka bisa jadi warga itu miskin secara struktural, jangansampai itu terjadi. disitulah fungsi Lumbung Desa dan salahsatunya untukmenjaga ketahanan Pangan ” tegasnya.

“Tujuan Lumbung Desa itu mengembalikan Desa pada Khitohnya Desa sebagai Sumber Pangan Indonesia” lanjutnya.

Suasanapun Interaktif dan penuh kehangatan mewarnai sesi dialog untuk memecahkan masalah dan mencari Solusi. Kegiatan ini mendorong pula salah satu misi Kabupaten Sukabumi untuk Meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis Ekonomi Lokal melalui agribisnis pariwisata dan industri berwawasan lingkungan.