Tasikmalaya, http//sabadesa.id, 21 November 2018

SABADESA.ID – Badan Prakarsa, Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) telah menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) Pengelolaan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) tingkat Nasional. Training ini digelar di Desa Mandalamekar Kabupaten Tasikmalaya selama sepuluh hari sejak tanggal 21 – 30 November 2018. Sabadesa Institute turut hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut berbaur dengan seluruh peserta yang hadir dari sabang sampai merauke.

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), serta dukungan Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Tasikmalaya, pada pelaksanaan ToT Pengelolaan SIDEKA ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para Pandu Desa di tingkat Regional untuk mengimplementasikan SIDEKA di tingkat kabupaten dan level provinsi.

Kegiatan Training ini dibuka oleh Irman Meilandi (direktur BP2DK Pusat), dalam sambutanya ia menyampaikan bahwa “banyak cara dalam membangun desa terutama pembangunan fisik berupa infrastruktur, tetapi pembangunan dalam aspek system tata kelola desa melalui teknologi juga penting, salah satunya inventarisir data akan lebih tertib melalui system aplikasi”. Katanya.

Training dilakukan dengan metode dialog, pembekalan materi, dan praktik. Selanjutnya para peserta selain pada waktu normal pembelajaran yaitu pagi sampai sore juga diberikan kesempatan oleh panitia untuk mendalami dan menguasai materi terkait pemetaan, website desa, teknik pembuatan berita, dan pengelolaan teknik aplikasi pada jam malam dengan metode “Coaching Clinic” atau klinik pembinaan yang telah disediakan panitia.

Selanjutnya Irman berharap peserta mampu menjadi pelaku utama dalam dunia IT dan mampu secara aktif menerapkan keilmuan dalam mengembangkan, membangun desa, dan menerapkan SIDEKA. (asz)