Sabadesa.id-Rabu, 15 November 2018 Sub Sub Recipient ( SSR) IX LKNU Sukabumi melaksanakan kegiatan Pelatihan Kader se wilayah II dan III Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yang bertempat di  Aula Kantor PCNU Kabupaten Sukabumi Jl. Raya Kadupugur, Cijalingan, Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan yang mengusung tema “Eliminasi TBC Berbasis masyarakat” ini diikuti oleh kader unsur masyarakat berbasis puskesmas kabupaten sukabumi sebanyak 50 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan soft skill kader tentang program pemberdayaan masyarakat dalam pengendalian penyakit Tuberculosis.

Menurut Koordinator SSR IX Sukabumi Moch. Caesar Maulana Kader yang telah dilatih ini akan diterjunkan ditengah masyarakat untuk melaksanakan Investigasi Kontak, penemuan kasus, pendampingan pasien hingga tahap penyembuhan.

Mengingat jumlah kasus TBC Tahun 2017 di kabupaten Sukabumi mencapai 7.582 orang, hal tersebut menjadi perhatian serius bagi Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama untuk berupaya mencegah penularan penyakit tersebut.

Saat dihubungi oleh tim Sabadesa.id H. Sirojudin selaku salah satu Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sukabumi mengatakan bahwa NU sebagai salah satu ormas keagamaan terbesar di Nusantara ini ikut andil dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Tentunya tak hanya kegiatan keagamaan saja yang menjadi titik harokah NU, melainkan kesehatan pun menjadi perhatian. Kegiatan Pelatihan Kader ini membuktikan bahwa NU berkomitmen dan peduli terhadap Kesehatan masyarakat Sukabumi.

Selain itu, dengan adanya program pemberdayaan masyarakat dalam pengendalian TBC ini diharapkan masyarakat Sukabumi dapat merasakan peran serta NU dalam hal menjaga kesehatan masyarakat. Dan ia berpesan kepada seluruh masyarakat Sukabumi untuk tetap antisipasi terhadap segala penyakit dan menjaga kesehatannya dengan cara menerapkan konsep Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Tegas, H. Siroj”