Sabadesa.id – Sukabumi-SSR LKNU Kabupaten Sukabumi menggelar Pertemuan Stakeholder dan Launching Program Eliminasi TB yang bertempat di  Aula Kantor PCNU Kabupaten Sukabumi Jl. Raya Kadupugur, Cijalingan, Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat.
Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan agenda program penanggulangan TB yang dilakukan oleh SSR LKNU Kabupaten Sukabumi serta membuka peluang kerjasama bersama stakeholder di wilayah Kabupaten Sukabumi. Ungkap Moch. Caesar Maulana saat dihubungi radar sukabumi.
Menurut Caesar selaku Koordinator SSR LKNU program penanggulangan TB di wilayah Sukabumi akan berjalan selama 3 tahun kedepan sampai 2020. Berdasarkan dengan tema “Upaya Menuju Eliminasi Tuberculosis Berbasis Masyarakat”, sehingga banyaknya pihak yang akan terlibat demi kberlangsungan program ini.
Dalam upaya eliminasi TB di Kabupaten Sukabumi, pihaknya mengundang Stakeholder seperti halnya DPRD Komisi IV, DInas Kesehatan, Puskesmas, beberapa CSO/LSM, serta unsur lainnya.
Menurut Dr. Hendra Supriatna Kabid P2P Dinkes Kabupaten Sukabumi mengatakan bahwa penemuan kasus TB hingga tahun 2018 berjalan cukup signifikan. Bahkan dari tahun ketahun masyarakat yang mengidap penyakit TB naik-turun seperti halnya Gunung es. Maka perlu adanya sosialisasi dan edukasi yang sangat intens kepada masyarakat terkait dengan penularan penyakit ini.
Sementara, DPRD Komisi IV Anwar Sadad sangat apresiasi terhadap program yang digarap oleh LKNU Kabupaten Sukabumi. Dalam pertemuan itu, Ia memberikan penjelasan tentang regulasi/kebijakan daerah tentang kesehatan. Selain itu, ia juga menyerap berbagai aspirasi serta harapan dari peserta yang hadir, yang nantinya akan dibahas di rapat pimpinan DPRD kedepan.
Mengingat jumlah masyarakat yang terduga Tb di Kabupaten Sukabumi cukup banyak, LKNU akan memberdayakan kader berbasis masyarakat untuk melakukan investigasi kontak serta pendampingan kasus TB,
Selain itu, harapannya setelah diadakan pertemuan dengan Stakeholder, terjalinnya komitmen serta kerjasama antar pihak dalam penanggulangan TB. Kegiatan ini ditutup dengan penandatangan oleh stakeholder yang hadir. “Tegas Caesar”.