Sabadesa.id, Desa Kebonmanggu. Keberadaan Objek wisata Karang Para di Padaarang Kampung Kebon Pala RT 01/11 Desa Kebonmanggu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Sukabumi yang hanya sekitar 10 kilometer dengan sarana akses jalan yang sudah baik, menjadi tujuan baru bagi para pecinta Wisata Alam baik dari dalam maupun luar Sukabumi.

Keberadaan objek wisata Karang Para, menjadi lahan subur untuk pengembangan perekonomian warga sekitar. Objek wisata bebatuan/karang dengan desain menarik ini, menjadi tujuan para pelancong dari Sukabumi maupun luar Sukabumi. Sehingga hampir setiap harinya, objek wisata tersebut diburu oleh ratusan bahkan ribuan pengunjung, terutama hari Sabtu dan hari libur.

“Objek wisata yang berada di Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh ini memang belum lama dikenal, tetapi ternyata banyak wisatawan dari dalam dan luar Sukabumi yang datang ke sini untuk melepas penat dan menghabiskan waktu liburan,” kata pengelola objek wisata Karang Para.

Di lokasi wisata itu tersaji panorama alam alami dan suasana pedesaan. Selain itu, terhampar bebatuan karang yang menyerupai masjid, hiu, para (atap), goa dan lainnya. Selain itu, objek wisata seluas 12 hektare, selain ragam karang, dalam pengembangannya pengelo membuat berbagai wahana jembatan antar karang untuk berfoto (selfie) di jembatan tersebut, ada juga wahana baru Flying fox sebagai olahraga menguji adrenalin pengunjung.

Selain Wahana yang ada di Karang Para menurut Kepala Desa Kebonmanggu Rasnita mengungkapkan bahwa kegitan yang sifatnya Seni Budaya Tradisi diadakan satu bulan sekali diantaranya Pecak Silat, Ketangkasan Domba yang di ikuti berbagai daerah di Kota/KabupatenSukabumi dan di wilayah Jawa Barat (Bandung, Garut, Sumedang), dll.

Selain kegiatan diatas, dalam waktu dekat Pengelola Kara Para akan mengadakan Kegitan Festival Liweut Karang Para sekitar bulan Nopember ungkap Rasnita.